STORY OF MY LIFE

perjuangan
     kalo ngomongin masalah perjuangan ini bukan seperti perjuangan yang kalian bayangin, kudu menghusungkan tombang sebagai bukti kberanian diri dalam membela bangsa untuk meraih cita-cita bersama. disini kita bicara soal pemikiranku tentang lingkungan sekitar. aku suka memperhatikan sesuatu, tapi paling sebel kalo disuruh baca pikiran seseorang, bukan paranorma, pawang, apalagi psikolog. semua hanya Tuhan yang tau.
     ngomongin soal perjuangan pasti semua orang pernah ngerasain yang namanya ujian, pernahkan? pasti pernah. tau kan gimana menyebalkannya harus mengulang 1 tahun pelajaran atau mungkin ada yang 1 semester, sd? mungkin ya bisa dianggap susah. smp? mayan lah. bagaimana dengan sma? susak coy. belum ditambah dengan embel-embel tugas, pr, dan ujian tengah serta ujian sekolah. sesuatu banget deh. nah mau berbagi masa-masa itu disini.
     SD, masa-masa yang sangat menyenangkan, kalo ditanya. seandainya ada time machine kamu mau balik ke masa? masa dimana tak ada beban berarti yang harus dipikul dan hanya ada bermain sepanjang hari, sd. pikir deh, menyenangkan banget bisa balik main lompat karet bareng temen, senyum polos masih terasa, berantem bareng padahal cuman masalah sepele.
      kelas 1, rasanya mau masuk kelas 1 sd itu susah banget, umur kudu 7 tahun, berkali-kali nyoba gak pernah. akhirnya ayah ngusahain masuk umur 6 tahun. (makasih pak).jadilah aku memulai kelas 1 di sd 130 kota jambi. kau tahu? tempat yang terpencil bisa dibilang pelosok, sebelah kebun sebagai lapangan olah raga. jurang masih disana-sini. jaim? mungkin tapi namanya anak-anak kan ya pasti se-jaim-jaimnya anak sd gak kelihatan, pol-polan ntar langsung deh waktu istirahat gabung koalisian, hahha udah seperti partai aja, beneran deh ini temenan ama yang ini yang ini sendiri. inget banget ketemu temen yang selalu ada disamping aku, chory.  waktu berlalu.
      kelas 4 dengan wali kelas bu fat, orang gemuk, senyumnya manis, baik bangeeet, tapi kalo urusan gak buat pr trus telat, diih kunci inggris bermain. inget banget temenku, gara-gara telat, dia dibenerin pake kunci inggris sampe nangis dan harus disetrap, kasian banget sumpah. mikirin seperti itu membuatku berpikir jangan sampai seperti itu. tapi gak tau kenapa, dikelas ini aku senang sekali, setidaknya pikriranku mulai memahami karakteristik setiap teman dikelasku. kebayang gak, anak seumuran inih udah ngerti getar cinta. first love, bagas namanya putih, charming, manis tapi pendek hahahha, (sorry ya manusia gak seutuhnya sempurna) sempat menjalani masa indah berdua, sayangnya dia harus pergi ketika aku, kelas 5.
     disamping, kognitif dan afektifku yang bagus, aku jug turut aktif dalam ekstrakulikuler, dance salah satunya. yang namanya perpisahan gak pernah absen deh buat tampil. diajarin? nggak, trus? buat sendiri dong. ngajakin temen buat ngedance bareng (Ya Allah miss mereka). aku juga terkenal supel, menurutku. sukanya main sama cowok, ngajakin main kejar-kejaran, tinju-tinjuan, sepak tekong. ntar kalo dah masuk tinggal cape doang. hahha.
     kelas 6, masa ini. mulai deh serius-seriusan, kenal deh tuh yang namanya UN, duuuh pusing beb. untunglah, dengan kerja keras, tiap sore les dan les tambahan di tempat les. keinget banget waktu itu aku kehujanan cuman buat ke tempat lesku, trus jatuh di jalan karna kepleset, aku langusng negakin motor, trus pulang-pulang nangis, masku minta maaf karna waktu itu dia yang bawa, karna aku orangnya sangat menghargai janji, rasanya berat untuk meninggalkan pelajaran meski hanya sebentar saja. 
      SMP, mulai deh jaim-jaimnya keliahatan. tapi untungnya dari kelas 1-3 ada temen-temenku yang selalu nemenin. KEPOEMPOENG. MOLLA-MOLLA+TEMAN (KM+T) trus berubah KEPOEMPOENG ARATA. jangan ditanya deh ya alasan kenapa nama itu berubah, ada alasan tersendiri. ini nih crazy guys yang slalu nemenin akuuh. sampai sekarang, insyaAllah silaturahmi terjaga. mulai mengungkit yang namanya cinta lagi. pacar pertamaku namaya R. baik, manis, romantis. inget waktu masih malu-malunya kita pacaran, pacar kedua, Y. tinggi, romantis, pinter maen gitar, buat puisi, cah puitis deh. masa-masa UN sumpah kerasa banget kerja kerasnya, apalagi IPA susah tapi cinta, saat itu aku lagi jatuh cinta sama biologi, isshhh suka banget.
     bagaimana dengan SMA? masih otw sih, sekarang aku duduk dikelas XI IPA1 di MAN Yogyakarta 1. alim yah? wah gak selaim itu. tomboy iya, jomblo? hmmm mungkin nggak. hahha. ssssttt. secret sorry. 
     liat deh, kenangan terbanyak, SD kan? simak deh percakapan ini:
aku: bu, kalo sendainya bisa balik kemasalalu, ibu pingin yang mana?
ibu: mungkin, sd kelas 4.
aku: kok?
ibu: inegt banget dek, tiap malem kerjaannya main trus bareng kakak nenek sampai marah-marah. apalagi waktu terang bulan, rumah gak pernah sepi. ada aja yang dateng.
     bener kan?
     kalo dipikir-pikir, nanti aku bakal lulus SMA. (Aamiin) kuliah (Aamiin). trus kerja (Aamiin). trus? nikah punya anak. kalo udah kepikiran nikah punya anak rasanya bener-bener pingin bilang Ya Allah aku pengen ke masa lalu. rasanya gak pengen tua, kudu melahirkan. rasanya. aaaak!!! duh, masih pengen nikmatin masa-masa muda. gak ada yang bisa menghentikan waktu, sesungguhnya, pembunuh terkejam, bukannya hewan, pembunuh bayaran atau aplah itu, tapi pembunuh terkejam adalah waktu. bayangin deh. tapi ingat, isilah masa mudamu dengan hal-hal yang bermanfaat. 

yang hanya bisa kamu lakukan adalah berusaha menjalani hidup dengan sebaik-baiknya. setidaknya saat waktu itu mengejarmu, kau telah memiliki cukup tabungan untuk diakhirat nanti.

All you've got to do, just be your self, be the one that you feel comfort with it. be strong and be brave.

that all. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

RAHASIA KANI SIPI: PERTEMUAN

Just Believe Part 15